Harga Tiket Air Terjun Kedung Pedut

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Air Terjun Kedung Pedut

Terletak di kawasan pegunungan Menoreh, Kulon Progo memiliki satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam menyejukkan nan menyegarkan, nama destinasi wisata tersebut adalah Air Terjun Kedung Pedut.

Lokasi air terjun tersebut juga berdekatan dengan tempat wisata unggulan air lainnya seperti Ekowisata Sungai Mudal serta Air Terjun Kembang Soka.

Berikut ini akan kami berikan informasi terkait tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut yang perlu kalian ketahui, simak baik – baik ya.

Air Terjun Kedung Pedut

wisata kulon progo

Air Terjun Kedung Pedut adalah salah satu destinasi wisata alam yang berada di dalam kota Yogyakarta, lebih tepatnya ada di kawasan Kulon Progo.

Untuk bisa sampai di air terjun satu ini juga bukan hal yang mudah, dimana kalian nantinya naik gunung kemudian melewati jalur di atas perbukitan yang menoreh.

Namun di sepanjang perjalanan, kalian akan ditemani dengan pemandangan alam yang sangat indah nan asri khas Kulon dari Progo.

Ratusan sawah yang nampak hijau dan asri dengan menggunakan metode tanam terasering kemudian naik ke pegunungan dengan tebing – tebing tinggi miring berlumut dipenuhi pohon pada salah satu sisinya, serta jurang yang sangat dalam di sisi lain yang menjadi gambaran rute yang akan kalian lewati.

Dan selama perjalanan ke lokasi wisata, kalian juga dapat melihat beberapa wisata alam lainnya seperti Gunung Lanang, Goa Kiskendo, serta Goa Seplawan.

Objek Wisata

Adapun beberapa spot unik atau objek wisata yang dapat kalian jumpai ketika berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut, diantaranya yaitu:

1. Sumber Mata Air Alami

kembang soka

Keunggulan dan juga keunikan yang ada pada Air Terjun Kedung Pedut terletak pada sumber mata airnya yang asalnya dari dalam bumi. Dimana hal tersebut membuat arinya seolah tidak pernah habis maupun mengering.

Hal tersebut juga yang membuat air terjun ini dijuluki sebagai Surga Air Kulon Progo, lantaran airnya yang tidak pernah habis walaupun dalam musim kemarau.

Selain itu, setibanya di lokasi wisata, kalian juga akan disambut dengan sejuknya serta suhu dingin area wisata berkat adanya pepohonan rindang disana.

2. Spot Foto

sungai mudal

Datang ke tempat wisata air terjun, pastinya kalian akan dapat bermain air sampai basah. Tetapi, kalian juga dapat mampir kesini hanya untuk hunting foto.

Pihak pengelola lokasi wisata air terjun memang telah menyediakan beberapa spot foto menarik. Diantaranya seperti spot helikopter yang ada di tepi kolam pemandian sampai spot foto di hammock.

Beberapa spot itu biasa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berfoto karena keunikannya itu.

Menariknya lagi, pada spt hammock kalian juga dapat bersantai sembari menikmati pemandangan area Air Terjun Kedung Pedut dari atas ketinggian.

3. Flying Fox

tiket masuk kedung pedut

Untuk kalian yang gemar dengan aktivitas memacu adrenalin, maka lokasi wisata satu ini wajib untuk kalian kunjungi.

Pasalnya, terdapat satu fasilitas yang memberikan wahana flying fox untuk para wisatawan. Flying fox tersebut mempunyai rute lintasan sekitar 40 meter.

Di sepanjang rute lintasan tersebut, kalian akan diajak untuk meluncur di atas kolam pemandian serta melihat air terjun dari atas ketinggian.

Selain itu, di sekitar lokasi wisata juga terdapat banyak jembatan bambu yang nampak mengelilingi kawasan Kedung Pedut yang dapat kalian jadikan sebagai lokasi swafoto.

4. Kolam Alami

penjelasan air terjun kedung pedut

Kedut pedut asalnya dari dua kata, yakni kedung yang artinya genangan serta pedut yang artinya dalam.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedung pedut memiliki arti genangan air yang lumayan dalam.

Jika dilihat dari arah kedalaman pada kolam alaminya memang cukup dalam, yakni 2 sampai 5 meter.

Sebetulnya, kolam satu ini juga terdiri dari dua bagian, dimana yang satu terletak di dekat air terjun utama. Namun, disarankan untuk para wisatawan jangan berenang disana, cukup menikmatinya saja, sebab areanya yang lumayan berbahaya.

Selain kedua kolam tersebut, masih ada juga beberapa kolam kecil lainnya yang membentuk seperti sebuah tangga.

Untuk menikmati keindahannya, kalian dapat melihatnya dari atas gardu pandang.

Air Terjun Kedung Pedut memiliki beberapa kedung yang berbeda, yakni Kedung Merang, Kedung Merak, Kedung Wedok, Kedung Lanang, dan Kedung Anyes. Masing – masing kedung mempunyai kedalaman yang berbeda, sekitar 2 – 5 meter.

Di samping kolam alami tersebut juga terdapat beberapa gazebo untuk beristirahat yang terbuat dari bambu.

5. Warna Air

kalibiru

Air terjun atau curug satu ini terkenal akan keindahannya dari pesona alamnya yang menarik serta warna airnya yang unik.

Warna air yang ada di dalam Air Terjun Kedung Pedut ini terdiri atas dua warna berbeda, yakni putih jernih serta hijau tosca.

Warna air putih jernih ini sebab adanya aliran air deras dari atas air terjun di samping kedung ini, sementara untuk warna hijau tosca terbentuk sebab adanya hasil pantulan batuan di dasar sungai yang terpancar dari adanya sinar matahari.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Tempat duduk
  • Jembatan bambu
  • Pancuran air
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Pancuran & jembatan dari bambu
  • Gardu pandang
  • Warung makan

Lokasi

Alamat Air Terjun Kedung Pedut: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674.

Rute Menuju Lokasi

Rute perjalanan menuju Air Terjun Kedung Pedut dapat dikatakan cukup mudah, dalam arti dapat dijangkau oleh motor maupun mobil.

Apabila kalian berangkat dari arah pusat Kota Yogyakarta maupun Tugu Yogyakarta, kalian dapat mengambil arah menuju barat sampai perempatan lampu lalu lintas ringroad barat Demak Ijo.

Setibanya di sana, kalian arahkan menuju Jalan Godean ke Pasar Godean.

Lalu kalian akan melalui jembatan Sungai Progo, perempatan lampu lalu lintas Nanggulan sampai Pasar Kenteng.

Kemudian jalan sedikit menanjak memasuki kawasan pegunungan Menoreh, hingga tiba di pertigaan ambil kanan menuju arah Goa Kiskendo.

Sampai di pertigaan Goa Kiskendo kalian dapat ambil kiri sampai menemui pertigaan selepas gerbang masuk Air Terjun Kembang Soka, kemudian ambil kiri.

Kalian telah tiba di pintu masuk Air Terjun Kedung Pedut. Lokasi ini terletak sejauh 16 kilometer dari arah pusat kota Wates, Kulon Progo.

Catatan:

Di sepanjang perjalanan pada saat memasuki pegunungan Menoreh, kalian akan melewati jalan menanjak yang lumayan panjang. Maka dari itu, keadaan fit dari kendaraan menjadi hal yang harus diperhatikan.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHTM
Harga Tiket Per OrangRp10.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Catatan: Terdapat protokol kesehatan yang diterapkan di dalam lokasi wisata alam satu ini. Kalian yang hendak berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut wajib untuk memakai masker, mengecek suhu tubuh, mencuci tangan, melakukan pencatatan identitas, serta menjaga jarak antar wisatawan.

Jam Operasional

Air Terjun Kedung Pedut buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Tips Berkunjung

  • Wisatawan tidak disarankan untuk berenang di dalam kolam yang langsung menampung jatuhnya air terjun.
  • Memakai sepatu diving atau sendal gunung lebih disarankan, agar kaki aman dari batuan kapur yang tajam.
  •  Setiap wisatawan wajib untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.